Sumber rekaman : http://www.darul-ilmi.com
Biografi Singkat Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله
Sesungguhnya penelusuran jalan hidup seseorang itu penting sekali dalam
menyingkap hakikat keadaan dan aqidah dirinya. Maka berikut ini biografi
ringkas yang indah dari Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله yang menunjukkan
keimaman beliau dalam kebaikan.
NASAB
BELIAU:
Beliau adalah Al Imam Al
‘Allamah Al Muhaddits Abu Abdirrohman Muqbil bin Hadi bin Qoyidah Al Hamdaniy
Al Wadi’iy Al Yamaniy.
TAHAPAN
BELIAU DALAM MENUNTUT ILMU:
Al Imam رحمه الله memulai
menuntut ilmu di Al Maktab hingga menyelesaikan masa belajar di situ, kemudian
beliau pergi ke masjid Al Hadi, tapi beliau tidak terbantu untuk menuntut ilmu.
Sekian lama setelah itu beliau pergi ke Tanah Suci dan Najd, lalu minta nasihat
pada sebagian pemberi nasihat tentang apa sajakah kitab-kitab yang berfaidah
untuk beliau beli? Maka sang penasihat membimbing beliau untuk membeli
“Shohihul Bukhori”, “Bulughul Marom”, “Riyadhush Sholihih” dan “Fathul Majid”.
Ketika itu beliau رحمه الله bekerja
sebagai penjaga gedung di Hajun. Lalu beliau tekun membaca kitab-kitab tadi.
Dan kitab-kitab tadi menempel di benak beliau karena praktek amalan di negrinya
berlainan dengan apa yang ada di dalam kitab itu, terutama “Fathul Majid”.
Selang waktu kemudian beliau
pulang ke negrinya, dan mulai mengingkari perkara-perkara yang beliau dapati
ada di masyarakat seperti penyembelihan untuk selain Alloh, pembangunan kubah
di atas kuburan, seruan kepada orang mati, dan minta bantuan pada orang mati.
Maka berita itu sampai kepada orang syi’ah sehingga membikin mereka marah. Di antara
mereka ada yang berkata: “Barangsiapa menukar agamanya, maka bunuhlah dia.” Dan
di antara mereka ada yang mengirim utusan pada kerabatnya dan berkata: “Jika
kalian tidak menghalanginya maka kami akan memenjarakannya.” Setelah terjadi
berbagai tekanan, mereka membikin ketetapan yang tidak bisa dielakkan oleh
beliau yaitu: mereka menetapkan untuk memasukkannya ke “Jami’ul Hadi.”
Manakala beliau mendapati
bahwasanya kitab-kitab yang diajarkan itu tidak berfaidah selain “Nahwu”, dan
beliau melihat bahwasanya kitab-kitab yang ditetapkan itu beraliran syi’ah
mu’tazilah, beliau رحمه الله
berkonsentrasi pada ilmu “Nahwu”. Beliau sering menasihati seorang pengajar
mereka yang bernama Muhammad bin Hauriyyah untuk meninggalkan ramalan bintang,
tapi orang ini menolak dan bahkan dia menasihati para pengelola universitas ini
untuk mengusir Asy Syaikh Muqbil رحمه الله, tapi orang-orang
memberikan syafa’at untuk beliau.
Ketika terjadi pemberontakan
kaum republik, beliau رحمه الله dan
keluarganya meninggalkan negrinya dan tinggal di Najron. Beliau tekun menyertai
syaikh beliau Abul Husain Majduddin Al Muayyad hingga beliau mengambil faidah
darinya terutama ilmu bahasa Arob. Beliau tinggal di situ sekitar dua tahun,
kemudian pergi ke Tanah Suci dan Najd. Beliau tinggal di Najd sekitar satu
setengah bulan di Madrosah Tahfizhil Qur’an dibawah pengelolaan Asy Syaikh
Muhammad bin Sinan Al Hadaiy رحمه الله. Syaikh ini sangat
memuliakan beliau dikarenakan melihat beliau sangat bisa mengambil faidah ilmu.
Kemudian beliau berangkat ke
Mekkah. Jika mendapatkan pekerjaan, beliau bekerja, dan menuntut ilmu di malam
hari, hadir di majelis ta’lim Asy Syaikh Yahya bin Utsman Al Bakistaniy pada
pelajaran “Tafsir Ibnu Katsir”, “Shohihul Bukhoriy” dan “Shohih Muslim”. Beliau
juga belajar syaikh yang mulia dan tinggi ilmunya: Hakim Yahya Al Asywal Al
Yamaniy di pelajaran “Subulussalam” dan yang lainnya. Beliau juga belajar
syaikh yang mulia dan tinggi ilmunya: Abdurrozzaq Asy Syahidziy Al Mahwitiy, di
sebagian kitab-kitab yang beliau minta untuk diajarkan.
Ketika Ma’hadul Haromil Makkiy
dibuka, beliau masuk ke situ dan belajar di sebagian masyayikh yang terkemuka
seperti: Asy Syaikh Abdulloh bin Muhammad bin Humaid, dan demikian pula Asy
Syaikh Muhammad As Subayyil.
Setelah beliau menetap di ma’had
itu, berangkatlah beliau ke Najron untuk mengambil keluarganya, kemudian beliau
tinggal di Makkah sepanjang masa belajar di Ma’had itu selama enam tahun.
Beliau belajar di antara waktu maghrib dan ‘Isya kepada Asy Syaikh Abdul ‘Aziz
bin Rosyid An Najdiy. Dan belajar ke Asy Syaikh Muhammad bin Abdillah Ash
Shoumaliy sekitar enam bulan, syaikh ini merupakan ayat Alloh dalam mengenal
para rowi “Shohihain”. Beliau mengambil faidah yang banyak dari syaikh tadi
dalam ilmu hadits.
Kemudian beliau pindah ke Madinah
ke Al Jami’atul Islamiyyah di kuliah Da’wah Wal Ushuluddin. Dan termasuk syaikh
beliau yang paling menonjol adalah Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Al Hakim Al
Mishriy, Asy Syaikh Mahmud Abdul Wahhab Faid Al Mishriy. Dan pada musim liburan
beliau masuk ke kuliah syari’ah, sehingga beliau رحمه الله menyelesaikan dua kuliah
dan diberi dua ijazah. Beliau رحمه الله berkata: “Dan aku dengan
pujian kepada Alloh tidaklah diriku peduli dengan dua ijazah itu. Yang
terpandang di sisiku adalah ilmu.”
Dan pada tahun itu dibukalah di
universitas itu pendidikan tinggi yang dinamakan dengan Majister. Maka beliau
masuk ke pendidikan itu, yang mengkhususkan pada bagian ilmu hadits. Dan Asy
Syaikh Muhammad Al Amin Al Mishriy, Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Al Hakim Al
Mishriy, Asy Syaikh Hammad bin Muhammad Al Anshoriy. Dan di sebagian malam
beliau menghadiri pelajaran Al Imam Abdul ‘Aziz ibnu Baz di Al Haromul Madaniy
dalam “Shohih Muslim”, juga pelajaran Al Imam Al Albaniy dalam majelis-majelis
beliau yang khusus untuk para pelajar untuk mengambil faidah.
DAKWAH
BELIAU DI SAUDI:
Sejak beliau tinggal di Al
Haromil Makkiy beliau senantiasa mengajari sebagian penuntut ilmu kitab
“Qothrun Nada”, dan “At Tuhfatus Saniyyah”. Di Madinah beliau mengajari para
penuntut ilmu kitab “At Tuhfatus Saniyyah”, dan di rumahnya beliau mengajarkan
“Jami’ut Tirmidziy”, “Qothrun Nada” dan “Ba’itsul Hatsits”. Maka tersebarlah
dakwah yang besar di Madinah sepanjang enam tahun itu, yang dilaksanakan oleh
beliau dan sebagian rekan beliau. Dan berlangsunglah safari dakwah di seluruh
penjuru kerajaan Saudi, sehingga masyarakat bisa mengambil faidah dan mencintai
dakwah.
Ketika fitnah Juhaiman dan
gerombolannya menyala, pemerintah Saudi memerintahkan untuk memulangkan seluruh
orang asing.
Ketika tiba di Yaman, pulanglah
Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله ke desa
beliau dan tinggal di sana sambil mengajarkan Al Qur’an pada anak-anak, dan
menegakkan dakwah. Maka syi’ah dan para musuh Islam mulai menyerang beliau.
Pada suatu hari salah seorang
pejabat memanggil beliau, maka masuklah beliau menemuinya disertai dengan
Husain bin Qoid Majalli, lalu mulailah beliau bicara tentang syi’ah, dan
menerangkan bahwasanya syaikh dan orang-orang yang bersama beliau itu mengajak
orang kepada Al Kitab dan As Sunnah, dan bahwasanya Syi’ah merasa dengki pada
mereka dengan dakwah tadi, syi’ah takut akan munculnya kebenaran. Maka sang
pejabat berkata: “Sesungguhnya syi’ah telah membikin hitam sejarah Yaman.
Selama dakwah Anda adalah demikian tadi, maka teruslah berdakwah, kami bersama
Anda.”
Setelah itu beliau رحمه الله tinggal
di perpustakaan beliau. Dalam waktu sebentar tiba-tiba saja datang beberapa
orang Mesir, maka beliau رحمه الله membuka
pelajaran dari kitab-kitab hadits dan bahasa untuk mereka. Dan terus-menerus
para pelajar berkunjung dari Mesir, Kuwait, Tanah Suci dan Najd, Aljazair,
Libia, Somalia, Belgia, dan dari banyak negri Islam dan yang selainnya.
SEMANGAT
BELIAU UNTUK MENGAJARI PARA MURIDNYA DAN KELUARGANYA SENDIRI:
Al Imam رحمه الله terus
bersemangat dalam ilmu. Beliau sangat memperhatikan pendidikan. Beliau punya
sejumlah pelajaran. Dulu beliau mengajarkan satu jam sebelum zhuhur kitab
beliau “Ash Shohihul Musnad Mimma Laisa Fish Shohihain.” Seusai itu beliau
mulai mengajarkan “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain.” Setelah
sholat zhuhur beliau mengajarkan sehari “Tafsir Ibnu Katsir”, sehari kitab
beliau “Ash Shohihul Musnad Min Asbabin Nuzul.” Seusai itu beliau menjadikan
posisi kitab tadi dengan kitab “Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain,”
maka jadilah sehari “Tafsir Ibnu Katsir”, sehari “Al Jami’ush Shohih Mimma
Laisa Fish Shohihain.”
Setelah ashr beliau mengajarkan “Shohihul Bukhoriy”, setelah maghrib
mengajarkan “Shohih Muslim” dan kitab beliau “Ahadits Mu’allah Zhohiruhash
Shihhah”. Setelah selesai dari kitab itu, beliau mengajarkan kitab beliau
“Ghorotul Fishol ‘Alal Mu’tadina ‘Ala Kutubil ‘Ilal”. Setelah selesai dari
kitab itu, beliau mengajarkan kitab beliau “Dzammul Mas’alah” hanya saja beliau
sering tidak hadir manakala penyakit beliau mulai parah. Kitab beliau semuanya
beliau ajarkan bersama dengan “Shohih Muslim”. Setelah selesai dari kitab
“Dzammil Mas’alah”, beliau mengajarkan kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Min
Dalailun Nubuwwah”, beliau jadikan sehari kitab itu dan sehari “Shohih Muslim”.
Bersamaan dengan dua kitab ini beliau juga mengajarkan kitab “Al Mustadrok” dan
kitab beliau “Ash Shohihul Musnad Fil Qodar”. Inilah dars Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله yang
khusus di Darul Hadits.
Jika beliau pindah ke rumah, beliau mengajari putri beliau Ummu Abdillah kitab
“Qothrun Nada”, kemudian para istrinya membaca di hadapan beliau satu hadits
dari kitab beliau “Dalailun Nubuwwah”. Beliau juga mengajari mereka imla
(dikte). Beliau juga mengajari istri beliau Ummu Syu’aib “Al Mutammimah”
sebelum tidur.
TINGGINYA
KECERDASAN, LUASNYA ILMU, DAN KUATNYA PEMAHAMAN:
Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله jika
berbicara dalam ilmu rowi seakan-akan beliau adalah pakarnya, sering
mendatangkan faidah yang mengagumkan, dan terkadang ada di sebagian rantai
sanad tercantum nama fulan bin fulan, maka beliau berkata: “Aku khawatir
terjadi salah penulisan,” lalu dilakukan penelitian dan memang terjadi salah
penulisan sebagaimana yang beliau katakan. Jika beliau diskusi dengan para
murid tentang nahwu seakan-akan tidak ada orang lain yang ahli dalam bidang ini
selain beliau dikarenakan banyaknya faidah yang beliau lontarkan dalam darsnya.
Jika beliau berbicara tentang ‘ilal hadits, orang-orang yang di sekelilingnya
tergoncang dengan kedalaman ilmunya. Jika datang pertanyaan, beliau
menjawabnya, dan beliau itu cepat dalam mendatangkan dalil-dalil hingga
orang-orang tergoncang akan kekuatan hapalan beliau. Beliau mendatangkan
dalil-dalil dari Kitabulloh, dan dari Sunnah Rosul-Nya, menyusunnya dengan
rapi, dan mengambil darinya faidah dan pelajaran yang mengagumkan padahal
beliau itu tidak hapal Al Qur’an secara sempurna. Dan barangsiapa membaca buku
beliau “Al Jami’ush Shohih” dia akan mengetahui fiqh beliau dari sela-sela
judul bab yang dicantumkan, dan sebagaimana dikatakan: “Fiqh Al Bukhoriy ada
pada judul bab-bab yang dicantumkan.”
SEMANGAT BERDAKWAH:
Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله sangat
bersemangat untuk berdakwah ke jalan Alloh, bersamaan dengan banyaknya
kesibukan beliau untuk menulis dan mengajar. Beliau dulu mengarahkan para murid
dan berkata pada mereka: “Janganlah kalian berkonsentrasi total pada ilmu
sambil meninggalkan dakwah. Kalian harus berdakwah ke jalan Alloh dengan apa
yang telah kalian pelajari.”
Beliau beberapa kali keluar dakwah berkali-kali. Di sebagian tahun beliau
keluar dan berpindah-pindah di banyak kota dan desa di Yaman, naik
gunung-gunung dan turun ke lembah-lembah dan dataran rendah. Beliau sering
disakiti oleh para musuh beliau dari jama’ah-jama’ah seperti Ikhwanul Muslimin,
Jam’iyyatul Hikmah dan Jam’iyyatul Ihsan, ‘Ilmaniyyun (sekuler), shufiyyah dan yang
lain. Tapi beliau tidak terputus dari dakwah beliau kepada Al Kitab dan As
Sunnah. Seringkali sekumpulan besar orang menghadiri ceramah beliau hingga di
sebagian acara ceramah masjid-masjid tidak mencukupi hadirin sehingga mereka
menjadikan ceramah itu di lapangan sholat ‘Id.
Beliau memperingatkan umat dari seluruh kemungkaran, baik itu syirik,
kebid’ahan, hizbiyyah yang memecah-belah umat, dan yang lainnya. Beliau juga
memberikan nasihat kepada para petani, pengajar, pejabat, para orang tua,
anak-anak, para dokter, para pedagang, para wartawan dan pekerja. Be’iau
sangat bersemangat agar orang-orang itu mendapatkan hidayah, baik perorangan
ataupun kelompok. Datang kepada beliau koresponden dari kantor berita London
dan meminta beliau untuk berbincang-bincang dengannya, maka beliau berkata:
“Bagaimana pendapatmu jika engkau masuk Islam dan aku akan berbincang-bincang
denganmu?” beliau menasihatinya dan memintanya untuk masuk Islam, tapi orang
itu tak mau. Maka beliaupun menolak berbincang-bincang dengannya. Orang itu
tinggal beberapa hari menghadiri dars-dars dan ingin bisa berbincang-bincang
dengan syaikh, sementara syaikh memintanya untuk masuk Islam. Beliau ingin
sekali orang itu mendapatkan hidayah. Orang itu tinggal beberapa hari lalu pergi.
Beliau jika selesai dari
ceramahnya berpindah ke rumah salah seorang ikhwah, maka orang-orang berkumpul
di situ dan menyampaikan soal-soal pada beliau, lalu beliau menjawab soal
mereka. Jika mereka telah pergi meninggalkan beliau, beliau membaca Al Qur’an
jika masih ada semangat dan giat, tapi jika tidak (karena capek dengan
rangkaian acara tadi) beliaupun tidur.
SEMANGAT
BELIAU PADA PARA PELAJAR
Beliau sangat bersemangat akan tercurahnya kebaikan pada para pelajar, dan
bersedih dan merasa sakit jika beliau mengetahui bahwasanya para muridnya
membutuhkan sesuatu tapi mereka tak sanggup mendapatkannya. Beliau رحمه الله pernah
berkata di sebagian darsnya: “Kesulitan terbesar yang menimpa diriku, lebih
besar daripada menghadapi mubtadi’ah, dan lebih besar daripada karya tulis,
adalah kebutuhan-kebutuhan para pelajar.”
Beliau رحمه الله tak
pernah bersikap pelit terhadap para murid dengan sesuatu apapun. Pernah beliau
seusai dars zhuhur keluar dari rumah dengan membawa sepiring nasi dan bejana
berisi susu, lalu beliau memberikannya kepada sebagian murid. Jika beliau telah
keluar dari dars setelah zhuhur dan didatangi seorang murid untuk menanyakan
sesuatu, beliau menjawab: “Masuklah, kita makan siang bersama lalu kita akan
berbicara.”
Pernah pada suatu hari ada seorang murid yang mengajukan sepucuk kertas di
tengah jam dars, tertulis di dalamnya: “Saya adalah seorang pelajar, dan saya
cinta pada ilmu. Tapi saya terlilit utang dan saya takut utang itu akan
memalingkan saya dari belajar.” Setelah membaca itu, syaikh mulai masuk ke
pelajaran, dan sebelum pelajaran usai beliau berkata dengan pengeras suara:
“Saudara kita yang mengajukan kertas ini hendaknya pergi ke akh Fulan dan
berkata padanya berapa utangnya, dan kita akan lihat apakah kita bisa
membantunya.”
KEDERMAWANAN
JIWA BELIAU:
Asy Syaikh Muqbil رحمه الله adalah
orang yang dermawan. Beliau biasa menjemput para delegasi. Jika para pengunjung
datang, beliau mengundang mereka kerumah beliau untuk makan siang. Jika ada
tamu yang datang di akhir waktu, para muridlah yang menyambutnya ke kamar tamu,
lalu dirinya berjumpa dengan syaikh. Beliau seringkali turun tangan langsung
menyediakan makan siang. Sering kali para pengunjung duduk bersama beliau
seusai sholat shubuh, lalu beliau menyediakan untuk mereka zabib (kismis/anggur
kering) dan memuliakan mereka dengan amat sangat. Beliau sangat dermawan dengan
apa yang beliau miliki.
Beliau tak pernah menyembunyikan dari para murid suatu harta sedikitpun. Beliau
menganggap mereka adalah anak-anaknya. Beliau رحمه الله sangat menjaga perasaan
para murid. Karena itulah termasuk dari penghalang beliau membeli baju untuk
‘id adalah agar tiada sesuatu di hati para murid yang tak punya baju baru untuk
‘id, dan beliau berkata: “Bawalah sini apa yang ada.”
Ketika beliau keluar dari Yaman
di tahun terakhir, beliau merasa sangat rindu pada markiz dan para murid.
Terkadang beliau mengingat mereka dan menangis seraya berkata: “Mereka adalah
anak-anakku.”
TAWADHU’
BELIAU:
Beliau رحمه الله memiliki
akhlaq yang tinggi, tidak menghina orang miskin dan lemah, menyayangi anak
kecil, menolong orang tua, mengasihani perempuan yang sholihat, dan menolong
mereka dengan semua kemampuan beliau.
Termasuk dari tawadhu beliau adalah: jika beliau dipanggil oleh anak kecil
dalam keadaan beliau berjalan, beliau berhenti untuknya, mengajaknya bicara dan
melihat apa yang diinginkannya. Ada pula anak kecil yang mendatangi beliau
dalam keadaan beliau di kursi sedang mengajar, maka beliau berhenti mengajar.
Anak itu berkata: “Saya ingin membaca satu hadits dengan pengeras suara.” Maka
Al Imam Al Wadi’iy mengangkatnya atau memerintahkan seorang murid untuk
mengangkatnya, mendudukkannya di hadapan beliau, lalu si kecil itu membaca hadits,
dan beliau tersenyum, tidak merasa jengkel. Beliau bersikap lunak dan mudah
bersama para murid.
Dan termasuk sikap tawadhu’ beliau adalah: jika ada orang awam mendatangi
beliau, beliau mau duduk bersama mereka dalam waktu yang panjang, padahal
beliau itu sangat memperhatikan waktu, hingga beliau berkata di sebagian dars
beliau: “Ada orang-orang awam yang mendatangiku, lalu aku duduk bersama mereka,
dan aku mengharapkan pahala pada Alloh atas waktu yang termakan tadi, karena
mereka tidak mengetahui besarnya nilai waktu, dan mereka akan berkata
bahwasanya aku itu orang yang sombong. Adapun para penuntut ilmu, aku menyikapi
mereka berbeda dengan orang awam, karena mereka itu mengetahui besarnya nilai
waktu. Ibnul Jauziy رحمه الله dulu
sering mengumpulkan pena. Jika para pengunjung mendatanginya, beliau duduk
bersama mereka sambil meraut pena-pena tadi.”
PENJAGAAN
KEHORMATAN BELIAU DAN KETINGGIAN HARGA DIRINYA
Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله itu
seorang yang menjaga kehormatan. Beliau punya ketinggian harga diri,
sampai-sampai beliau merasa keberatan untuk menulis surat ke para dermawan
dengan permintaan yang dikhususkan demi para murid beliau. Lalu hal itu
diketahui oleh Asy Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz رحمه الله maka beliau menulis
surat kepada Asy Syaikh Muqbil: “Wahai Abu Abdirrohman, tulislah, dan Anda akan
mendapatkan pahala.” Jika datang pada beliau dana untuk para pelajar, beliau
bersegera untuk mengalihkannya kepada pengelola urusan para murid. Demikianlah
beliau رحمه الله berada di
atas karakter yang bagus tadi sejak awal dakwah beliau.
Beliau mengajarkan kitab beliau
“Dzammul Mas’alah” kepada para murid. Beliau selalu mencela orang yang pergi
mengemis dengan nama dakwah, dan beliau memperingatkan muridnya dari perbuatan
tadi. Beliau berkata di pengantar kitab beliau tersebut: “Kemudian daripada
itu, maka sesungguhnya aku melihat sekelompok orang yang menyatakan bahwasanya
diri mereka itu adalah para dai ke jalan Alloh, tapi mereka mengkhususkan diri
untuk mengemis dan meninggalkan kerja. Bisa jadi seorang petani itu memakan
makanan yang halal dari hasil kerja tangannya, dan justru amalannya itu
termasuk pendekatan diri pada Alloh yang paling utama. Al Bukhoriy dan Muslim
telah meriwayatkan dari Anas dari Nabi صلى الله عليه وسلم bahwasanya
beliau bersabda:
ما من مسلم يغرس
غرساً أو يزرع زرعاً فيأكل منه طير أو إنسان أو بهيمة إلا كان له به صدقة
“Tiada seorang
muslimpun yang menanam suatu tanaman atau tumbuhan, lalu dimakan oleh burung
atau manusia atau binatang yang lain, kecuali dia itu mendapatkan pahala
sodaqoh dengan itu.”
Dan bisa jadi seseorang itu
bekerja di suatu perdagangan, dan itu juga termasuk pendekatan diri pada Alloh
yang paling utama. Telah tetap dari Nabi صلى الله عليه وسلم bahwasnya
beliau ditanya: “Pekerjaan apa yang paling baik?” beliau menjawab:
عمل الرجل بيده وكل
بيع مبرور.
Bahkan bisa jadi seseorang itu
adalah badui, dia memakan dari apa yang dihasilkan oleh kambing dan ontanya,
lalu dia melihat para pengemis tadi membuka ruang-ruang pameran dan membangun
gedung-gedung, maka orang badui ini mulai memelihara jenggotnya dan
menyerupakan diri dengan para dai ke jalan Alloh, lalu bekerja sebagai
pengemis. Alangkah memuakkan pekerjaan yang jelek dan buruk ini.
SIKAP
ZUHUD BELIAU:
Beliau menyebutkan bahwasanya manakala beliau belajar di universitas Al Hadi,
pernah beliau punya sisa sedikit roti, lalu beliau meletakkannya di suatu
lobang di dinding yang dinamakan sebagai Khizanah. Kemudian pada suatu hari
beliau tidak mendapatkan makanan, lalu beliau mendatangi khizanah tadi. Beliau
berkata: “Aku masukkan tanganku dan kepalaku untuk mencari roti tadi, lalu aku
mengeluarkannya. Ternyata laba-laba telah menganyam sarang di atasnya. Maka
kubuang debu darinya. Kudapati roti itu telah kering, maka kubasahi dengan air.
Jika kudapatkan sebutir tomat, maka itu bagus, tapi jika tidak, kumakan begitu
saja roti tadi.”
Pada suatu hari beberapa orang dermawan datang mengunjungi Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله , mereka
ingin membangun rumah untuk beliau. Maka beliau berkata pada mereka: “Kemarikan
dana itu.” Beliau mengambil dana tadi dari mereka, dan membangun masjid serta
sebuah kamar yang kecil di atas masjid. Ketika mereka datang mereka bertanya
pada beliau: “Di manakah rumah itu?” beliau menjawab: “Inilah rumahku,” beliau
memperlihatkan masjid itu dan mengisyaratkan ke kamar yang di atas masjid tadi.
Dan termasuk zuhud([5])
beliau terhadap dunia adalah beliau mewaqofkan sebidang tanah yang luas yang
menjadi milik beliau untuk para pelajar, agar mereka membangun tempat tinggal
untuk mereka di situ.
Beliau berkata: “Dan terakhir,
sungguh aku nasihatkan pada Ahlussunnah untuk bersabar terhadap kemiskinan.
Inilah keadaan yang dipilihkan Alloh untuk Nabi-Nya صلى الله عليه وسلم.
WARO’
BELIAU:
Beliau adalah seorang yang
waro’([6]),
sehingga di sisi beliau harta dakwah, bahkan beliau mengalihkannya pada
pengurus kas dakwah. Bahkan terkadang beliau diberi suatu hadiah dari orang
yang tidak beliau kenal, maka beliau tidak mau mempergunakannya, dan beliau
memberikannya pada istrinya yang berhak mendapatkannya.
UPAYA
MUSUH UNTUK MEMBUNUH BELIAU:
Sesungguhnya ahli batil
berusaha untuk membunuh sang imam yang mulia serta mujahid yang cerdas ini.
Ketika beliau bersama beberapa masyayikh sunnah ada di kota ‘Aden, di masjid Ar
Rohman, datanglah dua orang yang hendak meletakkan bom di jalan yang syaikh
akan keluar dari situ. Tapi sebagaimana firman Alloh:
﴿وَلَا يَحِيقُ الْمَكْرُ السَّيِّئُ إِلَّا
بِأَهْلِه﴾ [فاطر: 43]
“Dan tidaklah menimpa
makar yang buruk itu kecuali kepada pelakunya.”
Bom tadi meledak duluan dan
mengoyak-koyak badan kedua pelaku dosa tadi.
Demikian pula mereka berusaha
membunuh beliau dan salafiyyun di masjid Jami’ul Khoir di Son’a. beberapa orang
yang tak bersalah terbunuh, sebagian yang lain luka-luka, dan syaikh selamat.
Semoga Alloh merohmati beliau dan mereka semua.
KESABARAN
BELIAU TERHADAP SAKIT:
Pada suatu hari salah seorang
yang mulia masuk menemui Al Imam رحمه الله dalam keadaan beliau
sedang sakit keras. Ternyata beliau ingin keluar untuk melangsungkan dars-dars
beliau. Maka orang tadi berkata pada beliau: “Wahai Syaikh, Anda sedang sakit,
biarlah yang lain yang menggantikan Anda untuk mengajar.” Beliau menjawab:
“Enggak, demi Alloh aku tak mau meninggalkan wajah-wajah yang baik itu.”
Pernah pada suatu hari beliau
keluar untuk untuk melangsungkan dars-dars beliau dalam keadaan tangan beliau
diperban dan diikatkan ke leher beliau. Maka seorang murid bertanya pada
temannya tentang apa yang terjadi pada beliau? Mereka menjawab: “Beliau jatuh
ke tanah di dalam rumahnya.” Dan beliau tidak meninggalkan dars-dars sampai
sembuh.
Istri beliau –Ummu Syu’aib حفظها الله-
bercerita: “Beliau itu selalu sabar terhadap penyakit, tak mau mengeluh pada
seorangpun tentang sakitnya, sampai pada sakit beliau yang terakhir, aku merasa
sedih dengan keadaan beliau, tapi beliau tertawa dan menanyai kami. Aku
berkata: “Wahai Syaikh, kasihanilah diri Anda.” Beliau menjawab: “Aku merasa
tentram.”
WAFAT
BELIAU:
Dikarenakan kerasnya sakit
beliau, berangkatlah beliau رحمه الله pada tanggal 16 Robi’uts
Tsani 1421 H ke Riyadh, lalu disambut oleh pemerintah Saudi bagaikan
penyambutan mereka terhadap para penguasa, dan memuliakan beliau dengan puncak
pemuliaan (terhadap seorang tamu). Dan di Makkah, Amir yang salafiy: Nayif bin
Abdil ‘Aziz رحمه الله telah
menyiapkan untuk beliau tempat tinggal yang berjarak sekitar 50 meter dari
Masjidil Harom.
Lalu pada akhir-akhir Jumadats
Tsaniyah 1431 H beliau رحمه الله berangkat
berobat ke Amerika dengan biaya dari pemerintah Saudi. Ketika beliau sampai di
sana, para pecinta dakwah salafiyyah menyambutnya dengan penyambutan agung, dan
mereka mencurahkan harta dan jiwa dalam melayani beliau, dan memuliakan beliau
dengan puncak pemuliaan (terhadap seorang tamu).
Pada akhir-akhir bulan Syawwal
1431 H beliau sampai lagi ke Jeddah dalam keadaan muhrim dengan umroh tamattu’
sampai haji, di bawah pemuliaan dan pelayanan pemerintah Saudi, hingga beliau
menyempurnakan amalan haji pada tanggal 13 Dzil Hijjah 1421 H.
Lalu pada tanggal 7 Robi’uts
Tsani 1422 H beliau berangkat berobat ke Jerman dengan biaya dari pemerintah
Saudi. Lalu pada hari Sabtu tanggal 30 Robi’uts Tsani 1422 H beliau pulang ke
Shon’a. pada malam Ahad antara maghrib dan ‘Isya wafatlah beliau رحمه الله dengan
senyum yang memenuhi wajahnya. Beliau telah berwasiat untuk dikuburkan di
pekuburan Al ‘Adl di Jeddah. Maka kementrian dalam negri Saudi mengirimkan tiga
orang jendral untuk mengiringi jenazah Al Imam رحمه الله sampai tiba di Makkah.
Jenazah beliau رحمه الله
dimandikan di Jeddah dalam keadaan senyum beliau tidak berpisah dari wajah saat
dimandikan ataupun setelah itu. Kemudian beliau disholatkan di Masjidil Harom
seusai sholat shubuh, lalu dikuburkan di pekuburan Al ‘Adl di Jeddah setelah
kerasnya usaha mengeluarkan jenazah beliau dari masjid karena banyaknya orang
yang sholat dan hadirin.
Literatur biografi:
-
“Tarjumah Abi Abdirrohman Muqbil Bin Hadi Al Wadi’iy” ditulis sendiri oleh Al
Imam Muqbil Bin Hadi Al Wadi’iy رحمه الله.
-
“Ar Rihlatul Akhiroh Li Imamil Jaziroh” ditulis oleh Ummu Salamah As
Salafiyyah.
-
“Nubdzatun Yasiroh Min Hayati Ahad A’lamil Jaziroh Al ‘Allamah Al
Wadi’iy” ditulis oleh Muhammad bin Ali Ash shouma’iy
-
“Al Ba’its ‘Ala Syarhil Hawadits” ditulis sendiri oleh Al Imam Muqbil Bin Hadi
Al Wadi’iy رحمه الله.
Bab Dua:
Sebagian Penunjuk Atas Luasnya
Ilmu, Keimaman dan Salafiyyah Al Imam Al Wadi’iy
PASAL
SATU: KARYA TULIS AL IMAM AL WADI’IY رحمه
الله
Imam yang agung ini telah
meninggalkan warisan yang besar di medan-medan ilmu syar’iyyah yang menunjukkan
pada luasnya ilmu beliau, kekokohan beliau di atas kebenaran, dan banyaknya
nasihat beliau untuk umat ini. Yahya bin Kholid -rohimahullohu- berkata: “Ada
tiga perkara yang menunjukkan akal pemiliknya: Kitab menunjukkan
akal penulisnya.Utusan menunjukkan akal sang pengutus. Hadiah menunjukkan
akal sang pemberi.” (“Al ‘Aqdul Farid”/1/hal. 170/karya Ibnu Abdi Robbihi Al
Andalusiy).
Di antara karya tulis beliau
adalah:
1-
Ash Shohihul Musnad Mimma Laisa Fish Shohihain
2-
Al Jami’ush Shohih Mimma Laisa Fish Shohihain
3-
Tarojim Rijalil Hakim Fil Mustadrok
4-
Tatabbu’ Auhamil Hakim Allati Sakata ‘Alaihadz Dzahabiy (telah dicetak bersama
“Al Mustadrok”)
5-
Tarojim Rijalid Daroquthniy Fi Sunanih
6-
Ash Shohihul Musnad Min Dalailin Nubuwwah
7-
Ash Shohihul Musnad Fi Asbabin Nuzul
8-
Ghorotul Fishol ‘Alal Mu’tadin ‘Ala Kutubil ‘Ilal
9-
Al Jami’ush Shohih Fil Qodar
10- Sho’qotuz Zilzal Li
Nasfi Abathilir Rofdh Wal I‘tizal
11- Ijabatus Sail ‘An
Ahammil Masail
12- Asy Syafa’ah
13- Riyadhul jannah Fir
Rodd ‘Ala A’dais Sunnah
14- Ath Tholi’ah Fir Rodd
‘Ala Ghulatish Shufiyyah, Wa Hukmul Qubbatil Mabniyyah ‘Ala Qobrir Rosul صلى الله عليه وسلم.
15- Tuhfatul Mujib ‘Ala
Asilatil Hadhir Wal ghorib
16- Al Makhroj Minal
Fitnah
17- Rudud Ahlil ‘Ilmi
‘Alath Tho’inin Fi Haditsis Sihr
18- Al Mushoro’ah
19- Ilhadul Khumainiy Fi
Ardhil Haromain
20- Al Ba’its ‘Ala
Syarhil Hawadits
21- Irsyadu Dzawil Fithon
Li Ib’adi Ghulatir Rowafidh Minal Yaman
22- Ghorotul Asyrithoh
‘Ala Ahlil Jahl Was Safsathoh
23- Al Fawakihul Janiyyah
Fil Khuthob Wal Muhadhorotis Saniyyah
24- Qom’ul Mu’anid Wa
Zajrul Hasid
25- Syar’iyyatush Sholah
Fin Ni’al
26- Tahrimul Khidhob Bis
Sawad
27- Al Jam’u Bainash
Sholatain Fis Safar
28- Idhohul Maqol Fi
Asbabiz Zilzal War Rodd ‘Alal Malahidatil Dhullal
29- Dzammul Mas’alah
30- Tuhfatusy Syabbir
Robbaniy Fir Rodd ‘Alal imam Muhammad Bin Alisy Syaukaniy
31- Fatwa Fi Wihdatil
Muslimin Ma’al Kuffar
32- Iqomatul Burhan ‘Ala
Dholal Abdirrohim Ath Thohhan
33- Ad Dibaj Fi Marotsi Syaikhil
Islam Asy Syaikh Abdil Aziz ibni Baz
34- Hukmi Tashwir
Dzawatil Arwah
35- Al Muqtaroh Fi
Ajwibati As’ilatil Mushtholah
36- Fadhoih Wa Nashoih
37- Maqtalusy Syaikh
Jamilir Rohman Al Afghoniy Wa Ma’ahu Bahtsun Haula Kalimah Wahhabiy
38- Iskatul Kalbil ‘Awi
39- Tahqiq Tafsir Ibni
Katsir (mentahqiq satu jilid, adapun sisanya dilanjutkan oleh sebagian murid)
40- Ash Shohihul Musnad
Minat Tafsir Bil Ma’tsur (belum diselesaikan, dan masih disempurnakan oleh
salah seorang istrinya)
41- Tahqiq Wa Dirosah
Kitab Al Ilzamat Wat Tatabbu’ Lil Imam Ad Daroquthniy
42- Al Burkan Li Nasfi
Jami’atil Iman
43- As Sairul Hatsits Fi
Syarhi ‘Ulumil Hadits.
44- Majlisusy Syaikhot
Fil Yaman
PASAL
DUA:
PEMBAHARUAN
AGAMA OLEH AL IMAM MUQBIL رحمه
الله DI YAMAN
Dari Abu Huroiroh رضي الله عنه dari Rosululloh صلى الله عليه وسلم yang
bersabda:
«إن الله يبعث لهذه الأمة على رأس كل مائة سنة
من يجدد لها دينها». (أخرجه أبو داود (4291)
وغيره).
“Sesungguhnya Alloh
membangkitkan untuk umat ini di setiap ujung seratus tahun orang yang
memperbaharui untuk mereka agama mereka. ([7])” (HR. Abu Dawud (4291) dan yang
lainnya).
Bukanlah makna dari hadits ini
bahwasanya para mujaddidun (pembaharu) itu mendatangkan agama baru yang
menyelisihi agama Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Tapi
mereka itu memperbarui untuk umat ini syari’ah dan sunnah beliau yang telah
luntur.
Al Munawiy رحمه الله berkata:
“Yaitu: memperbarui hukum-hukum syari’ah yang telah luntur, dan menara-menara
sunnah yang telah hilang dan yang ilmu-ilmu agama yang zhohir dan bathin
tersembunyi, sebagaimana yang disebutkan oleh berita yang akan datang, yaitu:“Sesungguhnya Alloh
membangkitkan” hingga akhir hadits. Yang demikian itu adalah bahwasanya
Alloh Yang Mahasuci manakala menjadikan Al Mushthofa sebagai penutup para Nabi
dan Rosul, dan kejadian-kejadian setiap hari itu tidak terhitung, sementara
pengetahuan terhadap hukum-hukum agama itu wajib sampai hari Tanad (hari Kiamat
di mana orang saling memanggil), sementara lahiriyyah dari nash-nash itu
tidaklah cukup menjelaskannya([8]),
bahkan harus ada jalan yang mencukupi perkara tadi, maka hikmah Al Malik (Sang
Raja) Al ‘Allam (Yang Maha Mengetahui) mengharuskan munculnya suatu kaum dari
para tokoh di awal setiap seratus tahun untuk memikul beban kejadian-kejadian,
untuk melangsungkan pada umat ini bersama ulama mereka sebagaimana yang terjadi
antara Bani Isroil dengan para Nabi mereka.” (“Faidhul Qodir”/1/hal. 10).
Dan bukanlah suatu keharusan bahwasanya mujaddid di setiap zaman itu cuma satu
tak boleh lebih. Bahkan bisa saja lebih dari itu. Al Hafizh Ibnu Hajar رحمه الله berkata:
“… tidak lazim bahwasanya di setiap penghujung seratus tahun itu hanya ada satu
mujaddid saja. Bahkan masalah ini adalah sebagaimana yang disebutkan dalam
masalah thoifah manshuroh. Dan ini adalah pendapat yang kuat, karena
terkumpulnya sifat-sifat yang butuh untuk diperbaharui itu tidak terbatas pada
satu jenis kebaikan saja. Dan tidaklah diharuskan seluruh karakter kebaikan itu
ada pada satu individu, kecuali jika hal itu dikatakan ada pada Umar bin Abdil
Aziz, karena beliau dulu menjadi penegak urusan umat ini di ujung seratus tahun
yang pertama, dengan terkumpulnya pada diri beliau seluruh sifat-sifat
kebaikan, dan beliau maju dengan sifat-sifat tadi. Dari situlah Ahmad
menyatakan bahwasanya mereka membawa penunjukan hadits tadi kepada beliau (Umar
bin Abdil Aziz). Adapun yang datang setelah beliau, maka orangnya adalah Asy
Syafi’iy, sekalipun beliau memiliki sifat-sifat yang indah, akan tetapi beliau
bukanlah pemegang urusan jihad dan hukum dengan keadilan. Maka berdasarkan ini,
setiap orang yang memiliki suatu sifat kebaikan di ujung seratus tahun, maka
dia itulah yang diinginkan, sama saja satu orang atau lebih.” (“Fathul
Bari”/13/hal. 295).
Dan barangsiapa memperhatikan
sejarah Al Imam Muqbil bin Hadi Al Wadi’iy رحمه الله dengan adil, dia akan
mendapati beliau termasuk dari mujaddid sejati, terutama di negri Yaman yang
penuh dengan aliran Tasyayyu’ dan bid’ah-bid’ah yang gelap yang lain sepanjang
seribu tahun.
Di antara sunnah-sunnah
Muhammadiyyah yang beliau رحمه الله perbarui adalah sebagai
berikut:
& Dalam ibadah wudhu:
1-
mengusap sorban
2-
mengusap khuff (sepatu yang sampai menutupi mata kaki).
3-
Tata cara mengusap kepala saat wudhu
4-
Wudhu setelah makan daging onta
5-
Dan beberapa perkara yang lain
& Dalam ibadah sholat:
1-
sholat pada waktunya
2-
meluruskan barisan
3-
mendekatkan jarak antara shoff
4-
tidak sholat di antara dua tiang, dalam sholat jama’ah
5-
tidak melafazhkan niat
6-
sholat di belakang sutroh (tabir)
7-
sholat dengan memakai sandal
8-
membaca basmalah dengan pelan-pelan
9-
membaca amin seusai bacaan Al Fatihah
10- meletakkan tangan
kanan di atas tangan kiri dalam sholat.
11- Membaca surat “As
Sajdah” dan “Al Insan” di sholat subuh pada hari Jum’ah
& Dalam ibadah adzan:
1-
Adzan pertama sebelum fajar
2-
Pada hari Jum’ah cukup satu adzan di waktu zhuhur saat khothib duduk di atas
mimbar
3-
Ucapan muadzdzin saat hujan: Shollu fi buyutikum! (sholatlah di rumah-rumah
kalian!)
& Dalam masalah kuburan:
1-
Haromnya membuat kubah ataupun bangunan yang lain di atas kuburan
2-
Haromnya berjalan di antara kuburan dengan memakai sandal
& Dalam ibadah puasa:
1-
Menyegerakan berbuka puasa saat matahari terbenam, dan mengakhirkan sahur
sampai mendekati waktu subuh
& Dalam masalah masjid:
1-
Mimbar punya tiga tingkatan saja
2-
I’tikaf di masjid di dalam kemah
& Dalam hubungan
sehari-hari:
1-
Haromnya jabat tangan antara lelaki dan perempuan yang bukan mahrom
2-
Anjuran untuk menebarkan salam di antara muslimin
Yang tersebut ini tadi hanyalah
sedikit contoh dari pembaharuan yang dilakukan oleh Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله di negri Yaman.
Barangsiapa ingin melengkapi pembacaan masalah ini silakan rujuk ke kitab: “Al
Bayanul Hasan Bitarjumatil Imam Al Wadi’iy Wama Ahyahu Minas Sunan” karya Asy
Syaikh Abu Muhammad Abdul Hamid Al Hajuriy حفظه الله.
PASAL
TIGA:
PUJIAN
PARA ULAMA TERHADAP AL IMAM AL WADI’IY رحمه
الله DAN KEDUDUKAN BELIAU DI SISI MEREKA
Al Imam Al Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al Albaniy رحمه الله ketika ditanya tentang
orang-orang yang mencerca Asy Syaikh Robi’ حفظه الله dan Asy Syaikh Muqbil رحمه الله beliau
berkata: “Kita tanpa keraguan memuji Alloh عز وجل Yang menundukkan untuk
dakwah yang baik dan tegak di atas Al Kitab dan As Sunnah di atas manhaj As
Salafush Sholih ini para dai yang banyak di berbagai negri Islam. Mereka
menjalankan fardhu kifaiy yang pada hari ini sedikit sekali orang yang
menegakkannya di dunia Islam. Maka upaya untuk menjatuhkan dua syaikh ini: Asy
Syaikh Robi’ dan Asy Syaikh Muqbil, dua penyeru ke jalan Al Kitab dan As Sunnah
dan perkara yang dulu As Salafush Sholih ada di atasnya dan memerangi
orang-orang yang menyelisihi manhaj yang shohih ini, hal ini sebagaimana tidak
tersamarkan bagi kita semua hanyalah berasal dari salah satu dari dua jenis
orang: bisa jadi dia itu adalah orang bodoh, atau pengekor hawa nafsu.
Orang bodoh mungkin untuk
mendapatkan bimbingan, karena dia mengira berada di atas sedikit ilmu, maka
jika menjadi jelaslah ilmu yang benar baginya, dia akan mengikuti petunjuk.
Adapun pengekor hawa nafsu, maka kita tak punya jalan kepadanya, kecuali jika
Alloh تبارك وتعالى memberinya petunjuk. Maka orang-orang yang
mengkritik kedua syaikh tadi –sebagaimana telah kami sebutkan- mungkin saja dia
itu orang bodoh sehingga perlu diajari, dan bisa jadi dia adalah pengekor hawa
nafsu, maka kita mohon pada Alloh dari kejelekannya. Dan kita mohon pada Alloh عز وجل untuk
memberinya petunjuk, atau mematahkan punggungnya.” (diambil dari pembukaan “An
Nashrul ‘Aziz ‘Alar Roddil Wajiz” karya Asy Syaikh Robi’ Al Madkholiy hal 6-7
yang menukil dari kaset “Silsilatul Huda Wan Nur” no. 1/851).
Al Imam Al Albaniy رحمه الله juga
berkata: “Adapun orang-orang yang mengetahui bidang ini mereka tidak ragu akan
lemahnya semisal hadits ini. Ini dia Asy Syaikh yang mulia Muqbil bin Hadi Al
Yamaniy berkata dalam takhrijnya terhadap “Tafsir Ibnu Katsir“ (1/hal. 513)
setelah berbicara tentang para rowi sanadnya satu persatu dengan ringkas dan
berfaidah: “Dan hadits ini lemah karena adanya inqitho’ (putusnya sanad), dan
lemahnya Ubaidulloh ibnul Walid Al Wushofiy.” (“As Silsilatudh Dho’ifah”/5/hal.
75).
Beliau رحمه الله juga berkata: “Adapun
tentang Asy Syaikh Muqbil, maka “penduduk Mekkah lebih tahu tentang anggota
masyarakatnya” ([9])
dan berdasarkan berita-berita yang datang kepada kami dari kalian, merupakan
persaksian yang terbesar bahwasanya Alloh عز وجل telah memberikan taufiq
pada beliau dengan taufiq yang bisa jadi kami tak mendapatkan yang semisal
dengan itu jika dibandingkan dengan sebagian dai yang nampak di muka bumi pada
hari ini.” (“Silsilatul Huda Wan Nur” (no. 851), dinukil oleh Ma’mar Al Qodasiy
هداه الله dalam
kitabnya “Asy Syaikh Muqbil” (hal. 80/cet. Darul Atsar)).
Disebutkan kepada Al Imam Ibnu
Baz رحمه الله tentang
tersebarnya dakwah Asy Syaikh Muqbil di Yaman dan lainnya, maka beliau berkata:
“Ini adalah buah dari keikhlasan, ini adalah buah dari keikhlasan.” (disebutkan
oleh Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al Wushobiy هداه الله, sebagaimana dinukilkan
oleh Asy Syaikh Abdul Hamid Al Hajuriy حفظه الله dalam kitab “Al Bayanul
Hasan” hal. 33 cet. Darul Imam Ahmad).
Dan di antara data yang
menunjukkan ketinggian posisi Al Imam Al Wadi’iy di sisi Al Imam Ibnu Baz, apa
yang diceritakan oleh Al Imam Al Wadi’iy رحمهما الله sendiri: “Pada suatu
ketika ada di Shon’a ada orang yang lari menyusup ke Riyadh dan berkata pada
beliau –yaitu Al Imam Ibnu Baz رحمه الله -: “Wahai Syaikh, saya
itu dari ahlussunnah, tapi saya tak punya surat apapun.” Maka beliau berkata
padanya: “Berikanlah ketetapan padaku bahwasanya engkau uadalah dari
ahlussunnah.” Maka dia mengeluarkan selembar kertas dariku yang berisi
pengenalanku tentang orang ini. Maka Asy Syaikh Ibnu Baz menuliskan untuknya
selembar kertas tentang bolehnya berjalan ke manapun yang diinginkannya.”
(“Rotsausy Syaikh Muqbil Lil Imam Ibni Baz” hal. 16, sebagaimana dalam kitab
“I’lamul Ajyal” karya Salil Al Khoukhiy وفقه الله hal. 26-27, cet. Darul
Atsar).
Al Imam Ibnu ‘Utsaimin رحمه الله berkata:
“Asy Syaikh Muqbil Imam” maka beberapa orang membantah beliau dengan perkataan
yang berisi cercaan pada Asy Syaikh Muqbil, maka Al Imam Ibnu ‘Utsaimin رحمه الله berkata:
“Asy Syaikh Muqbil Imam, Asy Syaikh Muqbil Imam.” (diceritakan oleh Asy Syaikh
Abdulloh bin ‘Utsman Adz Dzammariy وفقه الله sebagaimana dinukilkan
oleh Asy Syaikh Abdul Hamid Al Hajuriy حفظه الله dalam kitab “Al Bayanul
Hasan” hal. 33 cet. Darul Imam Ahmad).
Abul Hasan Al Mishriy al hizbiy
pernah bertanya pada Al Imam Ibnu ‘Utsaimin رحمه الله tentang Asy Syaikh
Muqbil, maka beliau menjawab: “Beliaulah yang perlu ditanya tentang diriku.”
(kitab “I’lamul Ajyal” karya Salil Al Khoukhiy وفقه الله hal. 27, cet. Darul
Atsar).
Abul Hasan Al Mishriy al hizbiy
pernah bertanya pada Al Imam Ibnu ‘Utsaimin رحمه الله saat di Mina tentang Asy
Syaikh Muqbil: “Di sana ada orang yang mengabari Asy Syaikh bahwasanya Anda
berbicara tentang beliau. Apakah ini benar?” maka beliau menjawab: “Ini tidak
benar. Demi Alloh! Sungguh aku berkeyakinan bahwasanya Asy Syaikh Muqbil itu
adalah imam dari kalangan para imam Muslimin.” (“Al Qoulul Amin Fi Rotsai Ibni
‘Utsaimin”/ “I’lamul Ajyal” hal. 27, cet. Darul Atsar).
Fadhilatusy Syaikh Sholih
Fauzan حفظه الله تعالى berkata: “Segala puji bagi Alloh. Kemudian
setelah itu: saya telah melihat ceramah yang disampaikan oleh Asy Syaikh Muqbil
bin Hadi Al Wadi’iy, yang beliau sampai di akhir hayat beliau رحمه الله di
dalamnya ada penjelasan terhadap kebenaran, dan bantahan terhadap kebatilan,
serta pengakuan atas kebaikan pemerintah Saudi atas pelayanan mereka untuk
Islam dan Muslimin. Dan ini adalah persaksian yang benar dari seorang alim yang
agung. Maka semoga Alloh membalas beliau dengan balasan terbaik atas dakwah ke
jalan Alloh yang beliau tegakkan di Yaman dan lainnya, penyebaran ilmu yang
bermanfaat, perbaikan aqidah, dan anjuran untuk berpegang teguh dengan sunnah.
Semoga Alloh memberikan manfaat dengan kerja keras beliau dan kitab-kitab
beliau dengan pahala dan ganjaran yang agung…” (selebaran Fadhilatusy Syaikh
Sholih Fauzan حفظه الله تعالى ).
Kholid bin Dhohwi وفقه الله berkata:
“Dan di antara bentuk pemuliaan Asy Syaikh Robi’ kepada Asy Syaikh Muqbil
adalah: bahwasanya saya dulu pernah menyertai Asy Syaikh Robi’ untuk
mengunjungi Asy Syaikh Muqbil di rumah sakit khusus yang ada di Jedah setelah
Asy Syaikh Muqbil tiba dari Jerman, dalam keadaan tidak sadarkan diri. Ketika
kami tiba di kamar beliau, beliau ada di atas tempat tidurnya, majulah Asy
Syaikh Robi’ dan mencium kepalanya kemudian menangis dengan keras. Semoga Alloh
merohmatinya dengan rohmat yang luas, dan mengumpulkan kita dengan beliau dan
para masyayikh kita di Jannah-jannah yang penuh kenikmatan.” (“Ats Tsanaul
Badi’ ‘Alasy Syaikh Robi’”/hal. 38-39/karya kholid bin Dhohwi Azh
Dhufairiy/cet. Darul Minhaj).
Fadhilatusy Syaikh Robi’ bin
Hadi Al Madkholiy حفظه الله berkata:
“… Ini adalah ucapan bela sungkawa kami untuk kalian atas meninggalnya pembawa
bendera sunnah dan tauhid, sang penyeru ke jalan Alloh, sang pembaharu dengan
benar di negri Yaman, yang pengaruh dakwah beliau memanjang di berbagai penjuru
dunia. Dan kukatakan pada kalian dari yang kuyakini: sesungguhnya negri kalian
setelah tiga kurun yang utama itu telah mengenal sunnah dan manhaj As Salafush
Sholih, walau dengan perbedaan kenampakan dan kekuatan. Sekalipun demikian saya
tidak mengetahui adanya tandingan untuk ma’had ini, yang Alloh karuniakan
kepada kalian dan kepada masyarakat Yaman, melalui tangan orang sholih ini:
muhaddits, zahid, wari’, yang menginjak dunia dan perhiasannya di bawah kedua
kakinya.” (tanggal 1Jumadal Ula 1422 H, sebagaimana dalam “I’lamul Ajyal” karya
Salil Al Khoukhiy وفقه الله hal. 27,
cet. Darul Atsar. Sebagiannya disebutkan oleh Asy Syaikh Abdul Hamid Al Hajuriy
حفظه الله dalam
kitab “Al Bayanul Hasan” hal. 33 cet. Darul Imam Ahmad).
Fadhilatusy Syaikh Robi’ bin
Hadi Al Madkholiy حفظه الله juga
berkata: “Pria yang zuhud dan waro’ ini, yang kuanggap –dengan sekehendak
Alloh- termasuk dari para pembaharu untuk Islam di masa ini, maka semoga Alloh
merohmati beliau, …” (“I’lamul Ajyal” karya Salil Al Khoukhiy وفقه الله hal. 28).
Fadhilatusy Syaikh Ahmad bin
Yahya An Najmiy رحمه الله dalam
kunjungan beliau ke Darul Hadits di Dammaj tanggal 3 Jumadal Akhiroh 1423 H
setelah wafatnya Al Imam Al Wadi’iy berkata: “Segala puji bagi Alloh atas
ketetapan dan keputusannya, dan harus ada kesabaran. Manusia itu semuanya
menuju kepada kematian, akan tetapi orang yang meninggalkan seperti markiz ini
tidaklah teranggap sebagai orang yang wafat, karena beliau telah membuat
pondasi, memperbaikinya, juga telah berdakwah dan mencurahkan kerja keras yang
membikin kami iri dengan itu, dan kami menganggap beliau itu di sisi Alloh
termasuk dalam tokoh utama dari orang-orang yang bertaqwa, dan termasuk dari
para wali yang tinggi. Kami menyangka beliau demikian dan Allohlah yang
menghisab kita semua. Akan tetapi kita melihat dengan mata kepala kami, dan
menyentuh dengan indra kami, dan kami tahu –segala pujian bagi Alloh-
bahwasanya beliau telah beramal kebaikan yang banyak, yang jarang ada orang
yang bisa mencapai ke situ, -sampai pada ucapan beliau:- dan tidaklah kumpulan
besar yang kami lihat ini kecuali bagian dari kebaikan syaikh yang agung itu,
yang telah berdakwah ke Alloh, bersabar dan mushobaroh([10]),
dan mencurahkan segala benda yang mahal dan berharga untuk mengumpulkan jama’ah
besar ini, mendorongnya untuk menuntut ilmu, dan meletakkannya di atas jalur
yang benar,…” (“I’lamul Ajyal” karya Salil Al Khoukhiy وفقه الله hal. 28-28).
Fadhilatusy Syaikh Al ‘Allamah
Hammad Al Anshoriy رحمه الله berkata:
“Sesungguhnya Muqbil Al Wadi’iy adalah muridku, dan akulah yang memilihkan
untuknya judul pembahasan untuk gelar Majister, dan dulu dia selalu membacakan
untukku pada hari-hari hurroh syarqiyyah. Dan dulu kukatakan padanya: “Aku
berharap engkau di Yaman di masa ini seperti Asy Syaukaniy di masa beliau.” Dan
Muqbil itu, belum pernah aku melihat ada seorang murid yang sepertinya dalam
kerajinannya dalam menuntut ilmu.” (“Al Majmu’ Fi Tarjumatil ‘Allamatil
Muhadditsisy Syaikh Hammad bin Muhammad Al Anshoriy”/2/hal. 606-607/karya anak
beliau Abdul Awwal bin Hammad).
Fadhilatusy Syaikhina Al
‘Allamah Yahya bin Ali Al Hajuriy حفظه الله berkata: “Adapun syaikh
kami Al ‘Allamah Al Wadi’iy رحمه الله , maka beliau itu adalah
seorang alim salafiy yang disaksikan untuknya dengan kebaikan, sunnah, manhaj
salafiy yang benar, sangat berhati-hati dan memperingatkan dari kesyirikan,
kebid’ahan, khurofat dan seluruh jenis fitnah. Kaset-kaset beliau, manhaj
beliau, jejak-jejak beliau, dakwah beliau, para murid beliau yang sholih dan
jujur, serta lisan-lisan ahlul ‘ilmi wal khoir menjadi saksi untuk yang
demikian itu.” (“Al Hijaj Li Abdil Karim Al Iryaniy”/karya Asy Syaikh Yahya Al
Hajuriy حفظه الله/hal.
6-7/cet. Maktabatul Falah).
PASAL
KEEMPAT:
KEAHLIAN
AL IMAM AL WADI’IY رحمه
الله UNTUK BERIJTIHAD DAN BERFATWA
Al Imam Ibnul Qoyyim رحمه الله
menyebutkan jenis pertama dari ahli fatwa: “Seorang yang alim dengan
Kitabulloh, sunnah Rosul-Nya, dan ucapan-ucapan shohabat. Maka dia itu adalah
seorang mujtahid dalam hukum-hukum kasus yang terjadi, menginginkan di dalamnya
kesesuaian dengan dalil-dalil syar’iyyah di manapun berada.” (“I’lamul
Muwaqqi’in”/4/hal. 454/cet. Darul Hadits).
Dan termasuk dari syarat seorang mufti adalah apa yang disebutkan oleh Al Imam
Abu Ishaq Asy Syairoziy رحمه الله: “Seorang
mufti wajib untuk mengetahui jalan-jalan hukum yaitu: Al Kitab. Dan yang wajib
untuk diketahui darinya adalah apa yang terkait dengan penyebutan hukum-hukum,
halal, harom, bukan yang selain itu yang berupa kisah-kisah,
permisalan-permisalan, nasihat-nasihat, dan berita-berita.
Dia juga harus mengetahui sunnah-sunnah yang diriwayatkan dari Rosululloh صلى الله عليه وسلم tentang penjelasan hukum. Dia juga harus
mengetahi jalan-jalan yang dengannya bisa diketahui perkara yang dibutuhkan di
dalam Al Kitab dan sunnah, yang berupa hukum-hukum pembicaraan, tempat-tempat
kedatangan ucapan dan sumber-sumbernya yang berupa hakikat dan majaz([11]),
umum dan khusus, global dan terperinci, mutlak dan terikat, manthuq dan mafhum.
Dan dia harus mengetahui dari bahasa Arob dan nahwu yang dengannya bisa
diketahui kehendak Alloh ta’ala, dan kehendak Rosul-Nya صلى الله عليه وسلم dalam ucapannya. Dan dia harus mengetahui
hukum-hukum perbuatan Rosululloh صلى الله عليه وسلم dan apa
yang dituntut dari itu. Dia juga harus mengetahui nasikh dan mansukh dari Al
Kitab dan As Sunnah, hukum-hukum naskh dan apa yang terkait dengan itu. Di juga
harus tahu ijma’ salaf dan perselisihan mereka, tahu tentang perkara yang
teranggap dan yang tidak teranggap dalam kasus-kasus ijma’. Tahu qiyas, ijtihad
dan objek-objek yang yang telah ada hukumnya yang boleh untuk ditetapkan illah
dengannya dan apa yang tidak boleh, dan tahu sifat-sifat yang boleh dijadikan
sebagai ‘illah dan yang tidak boleh, juga harus tahu bagaimana mengambil suatu
‘illah. Harus tahu urutan dalil-dalil, mendahulukan yang memang haknya harus
didahulukan, tahu segi-segi tarjih. Dan dia wajib untuk menjadi orang yang
terpercaya dan tidak bermudah-mudah dalam urusan agama.” (“Al Luma’ Fi ushulill
Fiqh”/hal. 252-253/Al Maktabatut Taufiqiyyah).
Yang disebutkan oleh Al Imam Abu Ishaq Asy Syairoziy رحمه الله ini merupakan syarat
ijtihad. Maka tidaklah seorang mufti kecuali dia itu adalah seorang alim. Dan
tidaklah seorang alim kecuali dia itu adalah seorang mujtahid. Dan tidaklah
seorang mujtahid kecuali dia itu adalah seorang faqih. Yang demikian itu adalah
dikarenakan bahwasanya fiqh itu adalah apa yang dikatakan oleh Al Khothib Al
Baghdadiy رحمه الله: “Fiqh
itu adalah: mengetahui hukum-hukum syar’iyyah yang jalannya adalah ijtihad([12]).”
(“Al Faqih Wal Mutafaqqih”/1/hal. 191/cet. Maktabatut Tau’iyatil Islamiyyah).
Maka seorang faqih adalah orang yang mapan kemampuannya untuk mengetahui
hukum-hukum syar’iyyah yang jalannya adalah ijtihadiyyah. Dan ijtihad itu
adalah: mencurahkan kerja keras untuk mengeluarkan hukum-hukum dari dalil
pendukungnya yang menunjukkan kepada hukum tadi dengan penelitian yang
membuahkan hukum tadi. (“Qowathi’ul Adillah Fil Ushul”/karya As Sam’aniy/2/hal.
302).
Maka jika kita merenungkan penjelasan ini dan kita perhatikan biografi Al Imam
Al Wadi’iy tahulah kita bahwasanya beliau itu berhak untuk menjadi seorang alim
faqih mufti mujtahid, berbeda dengan orang yang meniadakan hal itu.
Kemudian ketahuilah bahwasanya ulama yang hakiki adalah orang-orang yang
mengenal Alloh dengan ilmu mereka, lalu mereka merasa takut kepada-Nya
sekalipun mereka tidak melihat-Nya([13]),
maka merekapun menaati perintah-Nya dan tidak mengerjakan keharomannya, dengan
tuntutan dari ilmu mereka. Al Imam Asy Syathibiy رحمه الله berkata: “Maka
sesungguhnya ulama yang jelek mereka itulah yang tidak beramal dengan apa yang
mereka ketahui. Dan jika mereka tidak demikian (tidak beramal dengan ilmu
mereka), maka mereka itu secara hakiki bukanlah termasuk orang-orang yang
mendalam ilmunya. Mereka itu hanyalah para periwayat –sementara fiqh terhadap
apa yang mereka riwayatkan itu adalah perkara yang lain-. Atau mereka itu
adalah orang-orang yang dikalahkan oleh hawa nafsu yang telah menutupi hati. Kita
berlindung pada Alloh.” (“Al Muwafaqot”/1/hal. 46/Al Maktabatul ‘Ashriyyah).
Maka barangsiapa merenungkan kehidupan Al Imam Al Wadi’iy رحمه الله dan
bagaimana beliau mengumpulkan antara luasnya ilmu dan kuatnya amal, tidaklah
dia ragu bahwasanya beliau adalah seorang alim dan faqih sejati…dst.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar